Tujuan Allah Menciptakan Dunia

Diposting oleh Muhammad Taqiyuddien AsSamarangy pada 21:38, 13-Apr-12

Di: Membedah kebenaran

Allah s.w.t berfirman , "wahai dunia! Berkhidmatlah kepada orang yang telah berkhidmat kepada-Ku, dan perbudaklah orang yang mengabdi kepadamu."(HR.Al-qudla'i dari ibnu Mas'ud r.a)

Dari hadist qudsi di atas Allah berfirman kepada dunia dan memanggil dengan menempatkanya sebagai makhluk yang berakal. Diperintahkan dunia agar berkhidmat (melayani) dan meladeni orang yang tidak melalaikan Allah dan senantiasa berkhidmat kepada Allah, bersungguh-sungguh beribadah kepada-Nya ,mempergunakan dunia,menjauhi larangan-Nya, menggiatkan diri untuk ta'at kepada-Nya, baik yang berhubungan dengan Khaliq maupun amalan yang bertalian dengan kepentingan masyarakatnya seperti amar ma'ruf nahi munkar.
Bilamana kita betul-betul berkhidmat kepada Allah s.w.t maka dunia atau alam ini pasti berkhidmat kepada kita. Kalau kita petani, sawah ladang atau hasil buminya akan subur melimpah dan mudah rizkinya. Kalau kita pedagang ,akan mudah peruntunganya, mudah dapat kemajuan dalam perusahaan dan mudah mendapat rizki yang halal.
orang yang berkhidmat kepada Allah ,senantiasa akan menikmati sehat badan,ketenangan hidup, menikmati kebahagiaan dan kesejahteraan rumah tangga dan lain-lain.Meskipun hidupnya sederhana,akan tetapi hidup dan kehidupannya itu benar mendapat dukungan dan pelayanan dari seluruh kehidupan dunia. Allah s.w.t berfirman, artinya :"Tidakkah kalian perhatikan bahwa Allah telah menundukkan untuk (kepentingan) kalian apa yang ada di langit dan bumi dan menyempurnakan untuk kalian ni'mat-Nya lahir dan batin .... "(Q.S luqman :20)

Namun bukan berarti kita hanya memikirkan kehidupan dunia semata, karena tujuan hakiki kita adalah akhirat sehingga kita yang bijak akan tersadar bahwa mana yang harus kita pentingkan, semakin kedepan maka semakin dekatlah kematian kita. Allah s.w.t berfirman ,artinya :"Dan usahakanlah apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (untuk kebahagiaan) akhirat dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (keni'matan) duniawi, dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaiman Allah telah berbuat baik kepadamu. Dan janganlah berusaha berbuat kerusakan di (muka) bumi. Karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan."(Q.S al-qashash : 77)

Keseimbangan hidup ini sangat tergantung pada niat hati, apakah akan menggunakan dunia ini sebagai jembatan bagi kehidupan di alam akhirat ataukah hanya untuk menghambakan diri pada dunia. Sebagian hadits-hadist nabi s.a.w mengenai urusan dunia, adalah sebagai berikut : "sesungguhnya Allah menjaga dan membatasi hamba-Nya yang Mu'min dari dunia walaupun ia senang kepadanya, sebagaimana kalian menjaga dan membatasi orang sakit dari makanan dan minuman tertentu."(H.R. Hakim)

"Ada yang berseru (malaikat):'biarkanlah dunia itu untuk penggemarnya,biarkanlah dunia itu untuk penggemarnya, biarkanlah dunia untuk penggemarnya! Barangsiapa yang mengambil dunia melebihi keperluannya,niscaya ia akan menemui ajalnya dalam keadaan tidak sadar."(H.R. Bazzar)

Allah berfirman,"Wahai dunia jadikanlah engkau sangat pahit kepada wali-wali-Ku dan janganlah engkau menampakkan kemanisan mu kepada mereka untuk menggoda mereka."(H.R. Qudla'i-dari ibnu mas'ud r.a)

Published by : syiar muslim media (syiar-muslim.Mywapblog.Com)
source : kitab hadits qudsi (oleh K.H.M ali usman- H.A.A Dahlan- Prof.Dr.H.M.D. Dahlan)

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

21 tanggapan untuk "Tujuan Allah Menciptakan Dunia"

Blogmwb pada 21:39, 13-Apr-12

S0ry telat ndan...ada mslah dengan network di daerah anee..


www.wapmu.yn.lt
www.blogmwb.pun.bz

Hendra Kurniawan pada 21:58, 13-Apr-12

Thks sob, nice post.

ACHENES pada 22:57, 13-Apr-12

nice sobat......thanks ya

Panklet pada 23:21, 13-Apr-12

assalamualaikum. . Weh. . Mantapt bnget. . Tk kasih jempol 2 bwt yg punya blog. . smile <br/><br/> kunjung balik yach. . <br/><a href="http://panklet.hexat.com">panklet permainan angka lengan tauhid</a><br/><a href="http://panklet.mywapblog.com">panklet mobile blog</a>

Ikhwan pada 00:06, 14-Apr-12

ijin BM ukhti biggrin

Other Side ⡩ pada 01:03, 14-Apr-12

Wallahu'alam kang... smile

Anyoel KotoKers™ pada 06:46, 14-Apr-12

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.. Terus semangat akhi smile

bz0129boyz pada 07:44, 14-Apr-12

assalamu'alaikum,,,

Dunia itu tipuan,,
Tujuan akhir kita kan di akhirat,,,.

Abdul Hakim pada 08:43, 14-Apr-12

trus berbagi ilmu sob, sngat brmanfaat buat semuanya.

ALIE ALOENS BLOG pada 09:09, 14-Apr-12

met pagi dulur met beraktipitas nice sharesmile

master pulsa pada 11:47, 14-Apr-12

like this !! smile

zainimjk pada 11:55, 14-Apr-12

Manfaat gan truskan tausyahx. Cumblx

Ahmad Sidiq pada 16:54, 14-Apr-12

Informasi yang bermanfaat, tetap semangat smile.

Abyrifa pada 22:58, 14-Apr-12

sangat bermanfaat sob postnya...trus brdkwah ya sob....dtunggu post slnjunya.

Aris pada 06:12, 15-Apr-12

trima kasih telah di ingatkan, terus lah berdakwah dgn istiqomah,,,
mampir ya ke gubuk ane, ada aplikasi yg sngat bermanfaat, trims

Iman Hijrah dan Jihad pada 12:54, 15-Apr-12

alhamdulillah bisa Hadir menuntu ilmu..

вцδi взярзкзятi lцнця ® pada 13:51, 16-Apr-12

assalamu'alaikum gus..
Perlu tafakur..

arrowhttp://boedhie.heck.in

Kurnia Hd pada 22:58, 16-Apr-12

mkasi kang postingan-x nambh ilmu, lam kenal.

Nicholiz pada 12:24, 17-Apr-12

keseimbangan dunia dan akhirat ya kang,mksh artikelnya mantapbiggrin

Fhendy GEPAK pada 14:18, 17-Apr-12

nice post

akangafi pada 06:02, 04-Mei-12

subhanallah....trus maju dunia bloger indonesia...ni jg msh blajr,para shaikh mwb:klu cara memasang script di blog kita tuh gmn caray?saya jd takjub mlht keindahan lahiriyah blog para master,mdh2n isiya smkin mentakjubkn dunia.tlong ksh pncrhn yah...di tunggu!

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar