Rahasia Sehat Makan dengan Jari-jari Tangan

by Muhammad Taqiyuddien AsSamarangy on 11:26 AM, 05-Mar-13

Category: Membedah kebenaran , Pencerah iman , Rahasia Sunnah


makandgjari.jpg

Diantara sunnah Rasulullah SAW adalah makan dengan menggunakan tangan kanannya. Beliau memakan makanannya dengan tiga jari, lalu menjilati ketiga jari tersebut sebelum membersihkannya. Dan bila ada satu suap makanan terjatuh dari tangan Rasul, beliau tidak akan meninggalkan makanan tersebut, melainkan mengambilnya dari tanah, lalu membersihkannya dan memakannya.

Hal tersebut diatas sesuai tertuang dalam sabda Rasulullah "jika satu suap makanan salah seorang diantara kalian jatuh, ambillah, lalu bersihkan kotorannya, jangan biarkan untuk setan. Jangan membersihkan tangannya dengan sapu tangan, namun jilatlah jari-jarinya karena dia tidak mengetahui bagian mana dari makanannya yang mengandung keberkahan. (HR Muslim).

Rasulullah SAW selalu makan dengan ketiga jarinya. Setelah selesai makan, Rasulullah SAW pun akan menjilati ketiga jarinya itu. (HR Muslim)

Ketika pertama kali membayangkan cara makan dengan menggunakan tiga jari itu, mungkin kita akan merasa bahwa hal itu tidak mungkin kita lakukan apalagi jika harus menjilatnya.

Sebagian orang yang bergaya hidup mewah tidak suka menjilat jari-jarinya karena menurutnya, dia merasa jijik dengan perbuatan tersebut. Padahal jika kita telah mencobanya sekali saja, lalu kita benar-benar melakukannya dengan seksama, kita akan terkagum-kagum dan merasa bingung dengan apa yang kita lakukan.

Rasulullah selalu makan menggunakan tiga jari, karena saat itu tidak menemukan hal lain selain jari yang dapat dipastikan bersih sehingga dapat dipergunakan untuk makan. Kemudian Rasulullah menjilat jari-jari karena menurutnya kita tidak tahu di bagian mana dari makanan kita yang mengandung berkah. Dengan demikian makan dengan tiga jari dan menjilatnya merupakan upaya mengikuti sunnah Rasul dan bernilai ibadah.

Tetapi Apakah tidak boleh dengan empat atau lima jari? Sebenarnya tidak harus menggunakan tiga jari saja. Makan menggunakan lebih dari tiga jari diperbolehkan jika makanan itu mengandung kuah atau sejenisnya yang tidak mungkin dimakan dengan tiga jari.

Lalu apa hikmah dari makan menggunakan jari tangan? Imam Al-Ghazali, dalam kitab Ihya’ Ulumiddinnya, menjelaskan, “Aktifitas makan itu dapat dilihat dari 4 sisi, yaitu makan dengan menggunakan satu jari dapat menghindarkan seseorang dari sifat marah, dengan dua jari akan menghindarkan dari sifat sombong, makan dengan tiga jari akan menghindarkan dari sifat lupa dan makan dengan menggunakan empat atau lima jari dapat menghindarkan dari sifat rakus.

kemudian mengapa Rasulullah menggunakan tiga jari? sesungguhnya makan menggunakan tiga jari akan membuat setiap orang dapat mengukur porsi makanan yang cocok bagi dirinya.

Ia juga dapat menjadikan setiap suap yang masuk ke dalam mulut dapat dikunyah dan bercampur dengan air liur dengan baik sehingga kita tidak akan mengalami gangguan pencernaan.

Sumber : Inilah Makanan Rasulullah SAW. Prof.Dr.’Abdul Busith Muhammad as- sayyid.

Fakta berikutnya,makan dengan menggunakan tangan ternyata bisa lebih sehat daripada makan dengan sendok. Mengapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan pada tangan kita terdapat sebuah enzim, yakni enzim RNase yang dapat menurunkan aktivitas bakteri-bakteri patogen yang ada pada tangan kita ketika kita makan. Enzim RNase adalah enzim yang dapat mendepolarisasi RNA (asam nukleat). Sehingga ketika kita menyuap makanan dengan tangan, bakteri yang terdapat pada makanan dapat terikat oleh enzim Rnase yang dihasilkan di tangan kita. Tapi tentunya dengan catatan, tangan kita sudah dicuci terlebih dahulu dengan sabun hingga bersih dan higienis.

Enzim RNase terutama dihasilkan oleh tiga jari tangan kita (ibu jari, telunjuk, dan jari tengah). Dengan makan menggunakan tiga jari tersebut – seperti yang diajarkan oleh Rasulullah – bakteri yang terdapat pada makanan yang masuk ke dalam sistem pencernaan akan diikat oleh enzim tersebut. RNA, terutama mRNA merupakan materi genetik yang mengkode suatu protein. Enzim RNase mendepolarisasi RNA mikroorganisme sehingga mikroorganisme dapat terhambat aktivitasnya. Sehingga bukan saja bakteri, tetapi juga virus, terutama virus RNA di mana RNA merupakan pertahanan pertamanya, dapat dihalau untuk berbuat hal-hal yang bisa merugikan tubuh kita.

Bagaimana dengan sendok? Setelah banyak beraktivitas menggunakan tangan, mungkin kita berpikir bahwa sendok merupakan pilihan yang baik untuk menyuap makanan. Akan tetapi, sendok yang digunakan harus benar-benar dalam keadaan higienis. Perlu diingat bahwa udara dengan kondisi kelembaban tertentu dapat menjadi kondisi optimum untuk pertumbuhan bakteri dan uap air dapat menjadi medium perpindahan bakteri dari udara ke suatu benda (sendok misalnya). Bakteri-bakteri tersebut bisa datang dari mana saja, bahkan bisa jadi dari tubuh orang-orang yang ada di ruangan tersebut sebelum kita. Dan tidak menutup kemungkinan sendok yang kita gunakan untuk makan sudah “ditempati” oleh bakteri- bakteri yang ada di ruangan tersebut. Apalagi jika sendok tersebut tidak dicuci dengan bersih, seperti yang biasa tersajikan di rumah-rumah makan, bukannya higienis bisa jadi malah “memupuk” bakteri yang tinggal di sendok itu. Dan pada sendok tentunya tidak terdpat enzim Rnase seperti pada tangan.

Nah, ternyata Allah telah memberikan alat makan yang paling sempurna bukan, yakni tangan kita sendiri. Dan Rasulullah telah menjadi contoh serta teladan bagi kita umat muslim untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh kita. Menggunakan sendok untuk makan sah-sah saja asalkan diperhatikan juga kebersihannya. Sekarang keputusan berada di tangan anda, memilih makan dengan sendok atau dengan tangan. Selamat makaaan!



Refrensi:
http://www.medicalera.com/
http:// kesehatan.kompasiana.com/
http://www.beritasatu.com/

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

18 responses to "Rahasia Sehat Makan dengan Jari-jari Tangan"

Badur [03:20 PM, 05-Mar-13]

Bermanfaat,,
kebetulan q jg lbih suka makan dgn tdk menggunakan cendok..

zainimjk [04:49 PM, 05-Mar-13]

Sunday rosul

1001 INSPIRASI [07:30 PM, 05-Mar-13]

susah makan nasi pake 3 jari sob!! kalo makan kurma mungkin bisa!! gimana tuh! apa masih sunah rosul makan pake 5 jari??? smile

Grandong [03:05 PM, 06-Mar-13]

baru tau nih, untung ane makan selalu pake jari, bukan apa apa tapi gk punya sendok

Kurnia Hd [10:43 PM, 06-Mar-13]

alhamdulilLaah, satu persatu manfaat di balik sunnah Rosul mulai tersingkap, itu menambah keyakinan bagi yg beriman, dan moga jadi petunjuk bagi yg belum wink
al Islaam ya'lu walaa yu'la 'alayh

Ekoboy [12:13 AM, 07-Mar-13]

kunjungan mlem sob, postingannya sngt brmanfaat.

AbzCool [08:03 PM, 07-Mar-13]

wah bru denger ne...nyimak gan....

Di tnggu kunbalnnya..

Http://abzcool.heck.in/

EXPRESS MOBILE [01:32 AM, 08-Mar-13]

pake tangan emang lbh nikmat..lezat

Gaijin Kogarasumaru [05:09 PM, 09-Mar-13]

Wah kalo ane gan makan pake keduanya.

Tpi kadang2 sendoknya cuman sbgai hiasan diatas piring. biggrin

kidzib [01:08 AM, 10-Mar-13]

biggrinsunah ya?

Ragil [07:10 PM, 15-Mar-13]

pelaajaran waktu smp pernah di terangin.



follow2an yuk

http://red9.heck.in/kehebatan-sedekah.xhtml

ShiGit JavaNese™ [01:32 AM, 31-Mar-13]

kunjungan mlm sobat...
sory ni baru kunjung lgi dan maaf jg krna komentnya pke COPASan..
coz msh bnyk rumah yg hrs di kunjungi...
SALAM SUKSES SLALU buat admin dan blognya....

yudiconfussed [01:41 AM, 18-Apr-13]

Selamat Malam Gan .. Ikut Meramaikan AJa Ya gan smile

Ya Kalau Mau Saling kunbal [ bgi yg blum ] Saya Siap Selalu gan smile

AUTOLIKE ASLI 100% : http://yudiconfussed.xtgem.com

ANDROID : http://yudiconfussed.blogspot.com

Muhammad Shofa Yusuf AlHusain [04:10 AM, 11-May-13]

subhanallah bermanfaat sekali posting kali ini

Arya Golo [07:07 PM, 23-May-13]

Artikel yang sangat manfaat, makin menguatkan upaya untuk makan dengan jari. Tapi saya masih kesulitan makan dengan jari jika yang dimakan itu yang berkuah banyak seperti sop, soto, es buah dll.

Rosyidin|AHMAD [10:35 PM, 29-May-13]

mantap... izin nyimak lam kenal sob..

Adhy SFC [05:01 AM, 09-Jun-13]

kunjungan pagi

ardan habib [07:46 PM, 11-Nov-13]

subhanallah smile

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images