Orang Fakir Mendahului Orang Kaya Masuk Surga

Diposting oleh Muhammad Taqiyuddien AsSamarangy pada 16:21, 13-Des-11

Di: Akhirat

Imam Muslim dalam kitab shahinya meriwayatkan

dari Abdullah bin Amr r.a, dia berkata bahwa Rasulullah saw.bersabda, "Sesungguhnya pada Hari Kiamat, orang-orang fakir kaum muhajirin akan mendahului orang-orang kaya memasuki surga dengan 40 tahun lamanya"(HR.MUSLIM)



Imam tirmidzi meriwayatkan

dari Abi Sa'ad dia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda,"Orang-orang fakir kaum muhajirin akan masuk surga 500th lebih dahulu sebelum orang-orang kaya dari mereka."(HR.TIRMIDZI)



Sungguh di tempat lain Rasulullah saw. telah menjelaskan bahwa mereka terus berjuang dan tidak memiliki harta untuk dihisab. Imam Al-Hakim dalam Al-Mustadrak-nya meriwayatkan

dari Abdullah bin Amr r.a, dia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda,"Apakah kamu tahu rombongan pertama dari umatku yang akan memasuki surga?"Aku berkata,"Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui ." kemudian beliau bersabda,"Yaitu orang-orang fakir dari kalangan muhajirin. Pada Hari kiamat mereka akan datang ke pintu surga,lalu minta pintu surga dibuka kan. Maka,penjaga itu bertanya kepada mereka,"Apakah kamu telah dihisab?" Mereka berkata,"Apakah ada sesuatu yang perlu dihisab pada kami?" Mereka berkata,"Apakah ada sesuatu yang perlu dihisab pada kami? Sesungguhnya pedang kami senantiasa tergantung dipundak kami untuk di jalan Allah sampai kami mati,dalam keadaan demikian." beliau bersabda,"Kemudian pintu itu dibukakan untuk mereka.maka mereka memasuki surga 40th lebih dahulu sebelum orang-orang lain mememasukinya."(HR.AL-HAKIM)



Dalam Shahih bukhari diriwayatkan

dari usamah bin zaid bahwa Nabi saw,bersabda, "Aku berdiri di pintu surga.Maka kebanyakan orang yang memasukinya adalah orang-orang miskin,sedangkan orang-orang kaya tertahan. hanya saja,para penghuni neraka telah diperintahkan masuk neraka"(HR.BUKHARI)



Adapun orang-orang kaya yang dimaksud adalah dari kalangan kaum muslimin. Dalam beberapa hadist terdahulu dijelaskan bahwa orang-orang fakir itu akan masuk surga lebih dahulu dari orang-orang kaya terpaut 40 th .Sedangkan dalam hadist lain 500 th . Adapun cara untuk menyatukan kedua hadist ini adalah bahwa keadan orang-orang miskin berbeda-beda.demikian dengan keadan orang kaya. imam qurthubi mengatakan bahwa orang-orang fakir itu memiliki tingkatan iman yang berbeda-beda,demikian pula orang kaya.Jika hisab itu dihitung mulai orang fakir pertama memasuki surga sampai dengan orang kaya terakhir masuk surga,maka terpautnya 500th,jika dihitung dari orang miskin yang terakhir memasuki surga dengan orang kaya yang pertama memasuki surga maka jaraknya 40 th.wallahu alam

Faidah :
dari kajian diatas kita sebagai umat yang beriman sudah sepantasnya jangan menganggap rendah orang-orang miskin karena orang-orang miskin yang beriman dan bertaqwa lebih mulia derajatnya di akhirat dari pada orang yang paling kaya dan paling beriman sekalipun.dan mari kita bersama saling membantu sesama umat bersedekah kepada saudara kita yang membutuhkan karena harta yang kita miliki terdapat hak kaum fakir. jazakumullah

Published by: Syiar Muslim™
Sumber : Al-yaumul akhir : al-jannatu wan nar oleh Umar sulaiman asyqari

previous post: Mengapa penghuni neraka lebih banyak?

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

53 tanggapan untuk "Orang Fakir Mendahului Orang Kaya Masuk Surga"

Yuniar-Bagas|Rfk4ever pada 18:30, 13-Des-11

pertamax sob...
Nice info...

Kunjungan perdana...
D tunggu kunjungan baliknya

Sangkuriang pada 19:20, 13-Des-11

kalo gitu kita gk usah jadi org kaya donk didunia ini ya,, ibarat blog kita harus SEO friendly cry

Awankoplak pada 19:20, 13-Des-11

owh bgtu yaw. smile

Ari Budiman pada 19:32, 13-Des-11

Hadir sOb . . .
komentar duLu sob baru baca . . . 8)

τΓίέиίđάđ | сίитά đυиίά мάчά pada 19:59, 13-Des-11

mantap sob ulasannya, tp hal ini jgn kita jadikan patokan untuk kita males berusaha

barcelonista s60v2 pada 20:34, 13-Des-11

kunjungan malam sobat, lagi2 dpt ilmu yg bermanfaat, thanx

Uyunks pada 20:34, 13-Des-11

Assalamu'alaikum sobat,makasih info nya ya..lanjutkan!

nifa pada 21:11, 13-Des-11

nyimak aja ya
biggrinjangan lupa mampir di blog aku ya
nifa mobile blog
http://nifa.heck.in
Juga update berbaru lo
smile
htt://nifa.heck.in/theme-nokia-x6.xhtml
Mampir ya jangan ketingalan xixixixibiggrin

Anyoel KotoKers pada 21:18, 13-Des-11

Assalamualaikum akhi... Subhanallah,.. Post yg bermanfaat... Jazakumullah jazilan atas infox..wink

⠷Mr.D pada 21:19, 13-Des-11

●๋•αѕѕαℓαмυ'αℓαιкυм..●๋•
terimakasih telah berbagi pengetahuannya.

wa sukim pada 21:32, 13-Des-11

i like it um tengkiw sangat mencerahkan bangget biggrin

Ainudin pada 21:35, 13-Des-11

kunjungan mlm master, wah jgn jdi kaya yah biar duluan msuk syurga.he

Rnb_serdadufals pada 21:59, 13-Des-11

Ehmmm,,jadi bahanrenungan

Rnb_serdadufals pada 21:59, 13-Des-11

Ehmmm,,jadi bahanrenungan

Black Angel pada 22:35, 13-Des-11

.baca2 dulu ah. biggrin

Syech Maulana Muda pada 22:35, 13-Des-11

asskum ww.akhi wasiat yang indah....insyaallah pencerahan buat semua terutama kami ....syukron akhi...tetap semangat ridho allah insyaaallah beserta dengan orang yang menetapi setiat hal nya ...

kunjungan pemula akhi...mohon mampir ke blog kami.
PONDOK PESANTREN PERSULUKAN "AL_KHBIR"

Yansen P [Zona Islam] pada 22:40, 13-Des-11

mantap neh n dtnggu knbalnya janx

Hikayat Newby pada 22:40, 13-Des-11

Asskum......
Absen plus nyimak sob......
smile

Hmm.....
Tp klu orag fakirx, tulang ajar !!
Ttp aja sob, plg di tndang sma malaikat.....
Uda kismin durhaka lgi kta malaikat...hihi
mrgreen

Thanks infox....

jika aku menyembah-Mu karena mengharap surga,campakkanlah aku darinya pada 22:59, 13-Des-11

assalamu'alaikum gus..
Syukron atas ilmunya yg sangat bermanfaat..
Di tunggu postingan selanjutnya.

http://boedhie.heck.in
smile

qmunk as-salafy pada 23:36, 13-Des-11

Assalamualaiku ya akhi,afwan ana cuma mau share aja,penyejuk hati rumah masa depan,kalo tidak suka hapus saja..jazakumullah khairan,wasalamualaikum.
ﺍﻟﻨﻔﺲ ﺗﺒﻜﻲ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭﻗﺪ
ﻋﻠﻤﺖ ... ﺃﻥ ﺍﻟﺴﻼﻣﺔ ﻓﻴﻬﺎ ﺗﺮﻙ ﻣﺎ ﻓﻴﻬﺎ
(Sungguh aneh) jika jiwa
menangis karena perkara dunia
(yang terluput) padahal jiwa
tersebut mengetahui bahwa
keselamatan adalah dengan
meninggalkan dunia
ﻻ ﺩﺍﺭ ﻟﻠﻤﺮﺀ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﻤﻮﺕ ﻳﺴﻜﻨﻬﺎ ... ﺇﻻ
ﺍﻟﺘﻲ ﻛﺎﻥ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻤﻮﺕ ﻳﺒﻨﻴﻬﺎ
Tidak ada rumah bagi
seseorang untuk ditempati
setelah kematian, kecuali rumah
yang ia bangun sebelum
matinya

Peppy|yayashi pada 05:06, 14-Des-11

assalamualaikum...

ada miskin ada kaya, semua adalah kehendak allah.

Diana evl pada 06:11, 14-Des-11

Assalamualaikum
artikel menarik perlu jadi renungan saudara

Nur Khasanah Gien pada 06:16, 14-Des-11

Assalamualaikm.. Kalo ak kira2 termasuk yg mana ya.. confused

http://nur_khasanah.faa.im

Den Baguzze Azzmoro pada 06:58, 14-Des-11

assalamualaikum wr.wb miskin kaya surga neraka sudah ditetapkan oleh Allah swt. Qt sbg muslim berharap keRidhoan dariNYA atas smua itu..

PАYКEЯ ☺™ pada 07:18, 14-Des-11

Nice info sob.. ijin nyimak n thanks ats infonya brmanfaat bngt sob.. wink

Dwi Setyawan pada 07:33, 14-Des-11

.Kunjungan pagi gan!

Other Side ⡩ pada 07:43, 14-Des-11

ane prnah baca crta sob.. Bhwa org fakir lbh kaya drpd org2 kaya d dunia.. smile

Ci'buhe Osc pada 07:58, 14-Des-11

kunjungan prdana.. smile
mkch sdah mau berbgi gan artikel nya..

cumcum pada 08:38, 14-Des-11

bagi orang kaya nggak boleh meremehkan orang miskin,dan banyak sodakoh apalagi mau taqlil
dan bagi orang miskin jangan berkecil hati atas takdirnya dan jangan mengeluh..tapi yang bisa menjalankan kaya gitu 1000 banding 1..

rockmance ᔝ pada 10:53, 14-Des-11

# bagus ni bwat renungan...

http://rockmance.mwb.im

Kumpulan MP3 Barat pada 10:58, 14-Des-11

Trimakasih buat infonya . . . bermanfaat bgi kita semua

Akew33 Blog® pada 11:41, 14-Des-11

Artikel yg sngat brmanfa, at... Oyaa... Sob ana mo pasang link ente d blog ana... Ana harap.. Ente jga pasang url blog ana... Di blogroll ente... Ijin pollow jga... Dan mhon di follow balik.... D tunggu kunjungan baliknya... Lam kenal jga ya sob.

Hanafi pada 12:24, 14-Des-11

orang kaya yang dihatinya tidak ada keinginan untuk memiliki kekayaan dunia juga bisa dikatakan faqir, karna hartanya digunakan untuk kemaslahatan umat..

Az-Area pada 13:03, 14-Des-11

Jazakallah khairan atas pengingatnya...

Qinglabil pada 13:30, 14-Des-11

biar telat tetap hadir sob,subhanalloh nikmatnya org fakir yg ber iman dan beqtaqwa .

Maliki pada 13:53, 14-Des-11

sangat menyentuh sob!

Khoirul Azis pada 14:00, 14-Des-11

Q mau nnya,
gmana dg orang kaya yg mmblanjakan harta.a di jalan Allah?

Syukron smile

Yanz pada 14:46, 14-Des-11

nice post kang
trm ksih pncerahan'y smile

PaWeLaH™ pada 17:03, 14-Des-11

hadir sob...., maaf kunjungan telat nih...., update postingannya dikoment ya sob...

Ragil pada 17:47, 14-Des-11

mantap,, bisa buat makanan rohani ane yg laper...

Ditunggu kunjungan baliknya sob..
www.singkat212.mywapblog.com

Kagome-San pada 18:49, 14-Des-11

i like this

Bagoez Parikezit pada 22:04, 14-Des-11

subhanallah..
Lam knal sob..

Anti-wewewe.mywapblog.com pada 22:12, 14-Des-11

WASPADALAH TEMAN2 SEMUA,KEPADA BLOG YANG SESAT DAN MENYESATKAN GENERASI BANGSA,HANCURKAN BLOG wewewe.mywapblog.com

Useptasik pada 05:07, 15-Des-11

maaf sob kunjungannya telat banget, maklum sinyalnya lagi superlemot. Informasi yg berkualitas sob, semoga kita semua termasuk orang yang di cintai Alloh SWT

◊·`¯´.¸¸¦★gυητяαx★¦¸¸.´¯`·◊ pada 06:58, 15-Des-11

kunjungan pagi sob biggrin
Mantap pencerahan nya smile
Tetep semangat yah..
http://penceters.mywapblog.com

Duqimuhammad pada 09:50, 15-Des-11

ane nyimak aja ea sob...jaringan ane ge g mendukung.... arrow

iPuL pada 13:29, 16-Des-11

Asslmalykum..Kunjungan siang sob...salam sukses selalu.smilesmile
wwwmmazzipul.heck.in

Hamzah pada 18:15, 16-Des-11

Assalamu'alaikum.
Subhanallah, artikel yg sangat bagus.
Semoga ALLAH SWT selalu merahmati kita.
Blogku http://bacaanku.mywapblog.com

abdul pada 09:19, 21-Des-11

Assalamualaikum.wr.wb.
Lam kenl dr q...stelah q bca2..jd inget akan smua ksalahan kt,,sama sang KHOLIQ...
sesungguhnya manusia yang smpurna itu adalah orang2 yang pandai mengendalikan hawa nafsu.....
Tq...

iPuL pada 09:51, 09-Jan-12

syukrooon,,,,,!

Langgeng pada 19:11, 11-Jan-12

#bengong

ma'rifah pada 20:43, 05-Okt-12

assalamu'alaikum,,, sukron sob,, infonya bener2 menyejukkan hati,, ditunggu yg lainnya yach,, lanjutkan dakwah mu,, hehe

monika pada 15:17, 12-Jul-13

harus ditanya ke ahli hadist. apa definisi miskin disini, bisa jadi org punya mobil ferari disebut miskin, kalo dia org yg bersyukur

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar